Monday, January 11, 2010

Mengatur setting di Facebook


Sejak 24 Oktober pukul 00.00, penampilan facebook berubah. Perubahan terutama terasa pada beranda/home. Newsfeed yang biasanya terlihat di profile teman bersangkutan dapat dilihat teman lain. Sekilas, aku merasa agak ditelanjangi. Jadi nanti jika aku menyukai sesuatu, berteman dengan seseorang atau memasuki grup tertentu, semua teman dapat mengakses tanpa perlu bersusah payah membuka profile-ku (dan itu berarti teman yang sama sekali tidak akrab mampu mengakses informasiku.) hmm ... facebook telah menjadi sangat terbuka. Pagi itu juga aku mengirimkan pesan ke teman-teman yang bergabung di MOMPRENEUR INDONESIA karena aku mampu mengirim 300-an teman dalam 1 kali klik.
Sudah 19 hari sejak perubahan itu, masih banyak teman yang belum akrab dengan penampilan baru facebook. Padahal menurutku, facebook baru ini sangat memudahkan para user untuk mengatur account-nya. Kita bisa mengatur banyak aplikasi yang kita inginkan maupun tidak kita inginkan.
Sedikit tips bagi teman-teman, ada beberapa pengaturan yang dapat kita lakukan dengan facebook kita agar lebih nyaman.

  1. Buat list teman yang ada. Semisal teman kuliah, keluarga, kerja, baru, akrab, atau list lain yang suitable. Ini adalah aturan dasar agar kita lebih mudah "mengendalikan" beranda facebook. Dari sini kita bisa menengok status teman yang kita inginkan tanpa membuka satu-persatu beranda untuk mencari tahu apa yang dikatakan teman akrab kita karena sekarang Facebook mencampur adukkan newsfeed dan wall.
  2. Buka setting, lanjut ke menage privacy. Banyak hal yang dapat kita atur dari sini. Lanjutkan ke newsfeed & wall. uncheck newsfeed yang ingin kita buang/teman tidak ketahui. Semisal kita tidak ingin teman mengetahui kita baru saja berteman dengan siapa, kita uncheck saja add a friend. Adalagi yang ingin kita sembunyikan? uncheck aja. Jadi aktivitas kita lebih privasi.
  3. Sering bete dengan aplikasi/game tertentu? Masih di setting yang sama, pada bagian kanan ada edit application. Silanglah aplikasi apa saja yang tidak ingin kamu lihat di beranda. Bukalah semua option di box mulai dari recently sampai allowed to post. Dari sana kamu bisa mem-block aplikasi/game yang mengganggu kamu. Asyik, kan?
  4. Kembali ke poin pertama tadi, selain shortcut ke list teman yang kita atur, ada beberapa games/aplikasi yangsering kita buka dapat langsung kita buka. Semisal pecinta games Farmville, dapat melihat posting teman berkaitan dengan farmville secara langsung. Cara yang satu ini memang belum banyak diketahui teman sehingga seringkali aku masih dapat mendapatkan lost animal atau bonus meski sudah terposting selama 6 jam. (Dan aku suka itu!)
Sebaiknya kita membiasakan diri dengan penampilan baru facebook karena apapun perubahan Facebook, itu demi kebaikan kita semua (ho ho ho) karena perkembangan facebook yang sangat cepat dan tercatat ratusan aplikasi baru masuk ke facebook setiap hari. Tanpa engaturan ini, kita akan semakin tersesat.
Semoga tips ini membantu kebingungan teman-teman.

1 comments:

bungjamil on January 29, 2010 at 11:13 AM said...

tips yang bagus...

Post a Comment

Back to

 

Sharing Mama Susi Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada