Sunday, February 15, 2009

CARA MENJERNIHKAN AIR KETIKA BANJIR


Banjir dimana-mana. Jika Anda senang melihat berita di TV & iseng menghitung berapa daerah yang tergenang banjir, pasti 20 jari Anda tak cukup mewakili jumlah banjir yang terjadi di Indonesia. Ya, hampir seluruh daerah tergenang banjir. Pada saat inilah daerah yang terkena banjir dan sekitarnya berpotensi terserang penyakit akibat terpaksa menggunakan air kotor untuk MCK. Diare, gatal-gatal dan penyakit kulit lain, bahkan mungkin leptospirosis akrab dengan korban banjir. Hal ini terjadi karena dalam air tersebut tercemar bakteri, kuman, jamur, ataupun unsur-unsur kimia yang tak selayaknya mengenai tubuh kita. Solusi pertamanya adalah mensterilkan air untuk MCK. Berikut adalah caranya:

1. Endapkan (penjernihan)
Air kotor yang hendak dipakai diendapkan dalam sebuah tendon besar sebelum digunakan. Agar proses ini cepat, gunakan bahan pengendap (koagulan) yang akan mengikat partikel dalam air sehingga kotoran cepat mengendap. Untuk itu sediakan tawas ½ sendok makan halus untuk setiap 20 liter air. Aduk air dan tawas tersebut 5 menit saja. Setelah 10-20 menit akan terlihat hasilnya. Kotoran akan mengendap di bawah, dan air dapat dipakai. Jika ini dilakukan, kira-kira 80% bakteri akan mati dan air aman digunakan.

2. Gunakan aquatabs (sterilisasi)
Air yang telah diendapkan masih mungkin mengandung 20% bakteri di dalam air. Untuk memusnahkannya Anda dapat menggunakan Aquatabs. Campur air yang telah disaring tersebut dengan dan biarkan selama 30 menit. Aquatabs ini berbentuk tablet dan mengandung kaporit (70% klor aktif) yang dapat mematikan bakteri. Seluruh bakteri dalam air akan terbakar dan mati dan mampu mengurangi kadar besi dan mangaan dalam air. Campur setiap satu tablet aquatabs 8,5 miligram ke dalam 2,5-5 liter air bersih.
Cukup mudah, kan? Kedua bahan tersebut mudah di dapatkan di sekitar Anda. Hanya saja, tolong diingat baik-baik, kedua cara tersebut tidak dapat menyaring logam berat selain besi (Fe) dan Mangaan (Mn), jadi air tetap tidak layak minum.
Semoga bermanfaat bagi Anda.
angel

0 comments:

Post a Comment

Back to

 

Sharing Mama Susi Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada