Wednesday, February 18, 2009

MENJAWAB PERTANYAAN-PERTANYAAN DESTIN


Tingkah polos Destin yang sering berceloteh dan mengingatkan tentang apa saja tanpa memikirkan umpan balik memang sering membuat tersenyum. Si cerewet ini memang selalu mengajak berbicara mamanya tentang apa saja, atau sekedar bertanya. “Mengapa tanganmu begini, ma, tidak begitu? Mengapa pakai baju putih, ma, bukan yang itu. Mengapa adek nangis, ma, mengapa …. Wah, sampai blog ini penuh juga mengapa Destin tidak berhenti. Terkadang aku kewalahan menjawab pertanyaannya.
Apapun pertanyaan anak memang harus dijawab. Kesediaan kita orang tuanya untuk menjawab memegang perana penting dalam pertumbuhannya. Anak memiliki kebutuhan untuk mendapatkan kepuasan atas rasa ingin tahunya. Jawaban-jawaban kita akan membuat anak menjadi pribadi yang cerdas dan haus akan ilmu. Memang, terkadang sungguh merepotkanmenjawab mengapa anak. Tak jarang mereka terus dan terus bertanya sampai rasa penasannya terpuaskan.
Aku selalu mencoba jujur atas semua pertanyaan Destin. Tak jarang petanyaannya menyerempet pendidikan seks, seperti mengapa bentuknya begini dan begitu. Mengapa aku begini dan dek Abel begitu. Jujur menjawab lebih baik daripada membelokkan atau memberi label/nama pada saat anak bertanya tentang perbedaan alat kelamin. Banyak juga ibu-ibu yang karena jengah menyetop pertanyaan anak. Tindakan ini dapat menurunkan rasa percaya diri anak. Lalu bagaimana jika pertanyaan anak datang bertubi-tubi dan kita tak sanggup menjawabnya?
Terkadang kita boleh saja membalikkan pertanyaan anak agar mengetahui seberapa pengertian anak akan subyek yang dia tanyakan. Strategi ini terkadang ampuh juga buat Destin. Jika semual dia meminta jawaban, dengan menanyakan balik, dia akan pergi sambil bertanya-tanya MENGAPA? Jika Destin tidak tahu jawabannya, dia tidak akan bertanya lagi, dan jika tahu, Destin akan datang dan menjawab pertanyaan dia sendiri. Jika itu terjadi, maka aku akan mendapat serangan pertanyaan babak kedua yang tiada habisnya. Hahahaha… Destin, Destin. Oalah le…le….

1 comments:

susi on February 21, 2009 at 7:01 PM said...

Silahkan komentar di sini:-*

Post a Comment

Back to

 

Sharing Mama Susi Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada