Tuesday, April 6, 2010

Mengatur Setting atau Pengaturan di Blogger


Jika kemarin teman-teman telah membuat blog di blogger sesuai dengan tips 3 Langkah Mudah Membuat Blog sekarang waktunya untuk mengetahui apa saja yang ada dalam dasbor/panel kontrol kita. Secara garis besar, ada 3, yaitu : Posting, Setting/Pengaturan dan Layout/tata letak. Sebelum membahas tentang Posting, kita loncat ke setting dulu, ya? Bukan karena tidak teratur, tetapi aku pribadi lebih suka mengatur tampilan posting dan blog sebelum menulis sesuatu.
JIka kita masuk ke setting atau pengaturan, halaman pertama kan muncul seperti ini:

Klik pengaturan agar kita sampai pada tampilan di bawah ini:

Ada beberapa halaman yang berisi pengaturan dan dapat kita rubah semau kita. Biasanya terdiri dari:
  1. Pengaturan dasar (seperti gambar di atas) yang berisi judul, uraian blog, menambahkan blog ke daftar halaman depan blogger, mengijinkan mesin pencari menemukan blog Anda, bahkan fasilitas untuk mengimpor/ekspor dan atau menghapus blog juga tersedia.
  2. Pengaturan Publikasi untuk merubah alamat blog, misalnya menjadi domainanda.com untuk menggantikan subdomain.blogspot.com yang saat ini Anda pakai.
  3. Pengaturan format untuk menentukan jumlah posting yang Anda ijinkan tampil setiap membuka blog, format tanggal, dsb.. dsb. Isi sesuai kehendak kita.
  4. Pengaturan komentar untuk mengatur segala sesuatu yang terkait komentar. Apakah Anda mengijinkan komentar, siapa saja, bahkan penempatan komentar, apakah menjadi halaman penuh, berupa jendela pop up, atau langsung di bawah posting kita.
  5. Pengaturan Arsipkan untuk mengatur bagaimana cara kita mengarsipkan artikel kita. Perhari, perminggu, atau perbulan.
Masih ada pengaturan feed situs, email & selular, open id dan izin yang tidak perlu kita rubah selama kita masih newbie atau pemula.
Terlalu panjang? Tapi mudah, kan? Selamat berkarya!

1 comments:

jasmine on August 23, 2010 at 9:46 PM said...

salam kenal mama,kunjungan malam

Post a Comment

Back to

 

Sharing Mama Susi Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada