Monday, February 16, 2009

CARA MEMASAK DAN MENGUPAS TELUR SECARA SEMPURNA


Sebelum memasak telur, cuci telur yang baru kamu beli tadi. Cuci bersih agar kotoran dan kuman hilang. Tahu, kan virus yang paling menakutkan itu? Ya, flu burung. Biasanya para produsen telur tidak mencuci telur sebelum dijual. Mereka hanya mengelap telur agar terlihat bersih. Jadi tugas kita yang ingin tetap sehat yang harus hati-hati. peace
Telur 10 bersih tadi dimasak kira-kira 5 menit saja. Beri air 2,5 cm lebih tinggi dari tumpukan telur tertinggi agar semua telur matang sempurna. Batas memasak 5 menit adalah setelah telur mendidih, bukan sejak telur direbus. Jika jumlah telur lebih banyak, bisa ditambah beberapa menit. Yang jelas, jangan memasak telur terlalu lama. Kandungan telur mudah rusak. Tandanya jika pinggir kuning telur rebus kamu berwarna biru. Berarti antioksidannya sudah hilang.
Setelah telur matang, tuang semua air rebusan tadi dang anti dengan air dingin (bukan air es, lho). Biarkan 15 menit atau sampai dingin. (Sambil menunggu kamu bisa siapkan bumbunya kan? Guling-gulingkan telur yang sudah dingin ke meja atau permukaan lain agar retak. Setelah retak, telur akan mudah dikupas tanpa rusak. Mulailah mengupas dari retakan terbesar.
Utuh, kan telur kupasnya? tepuktangan

0 comments:

Post a Comment

Back to

 

Sharing Mama Susi Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada