Wednesday, February 18, 2009

MENGAPA ASI DISEBUT CAIRAN HIDUP?


ASI disebut cairan hidup karena komposisi ASI juga selalu berubah-ubah sesuai kebutuhan bayi dari hari ke hari. Ya, kandungan uniknya dapat berubah-ubah sesuai kebutuhan sang bayi. Bayi lahir cukup bulan mendapatkan nutrisi yang berbeda dengan bayi lahir prematur. Bahkan dua ibu yang melahirkan pada jam dan hari yang sama pun akan memiliki kandungan yang berbeda. Hebat, kan? Nah, simak kandungan-kandungan umum ASI di bawah ini, ya.
- ASI hari pertama hingga kurang lebih hari ke-4
ASI yang keluar pada saat ini disebut "Kolostrum". KOLOSTRUM banyak mengandung Protein yang berfungsi sebagai "imunisasi". Imunisasi yang pertama pada bayi yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh dan juga membunuh kuman dengan jumlah tinggi, kadarnya 17 kali dengan ASI Matur.
- ASI hari ketiga hingga kurang lebih hari ke-10
ASI yang keluar pada saat ini disebut ASI Transisi. Kadar karbohidrat dan lemaknya semakin meningkat tetapi kadar proteinnya menurun, dan juga volumenya semakin banyak disesuaikan dengan kebutuhan bayi yang semakin tinggi.
- ASI hari kesepuluh dan selanjutnya
ASI ini disebut ASI "Matur". KOmposisi ASI isapan pertama (Foremilk) berbeda komposisi dengan isapan akhir (hindmilk). Kompoisi hindmilk memiliki lemak dan kobohidrat yang lebih banyak dibandingkan dengan foremilk.

0 comments:

Post a Comment

Back to

 

Sharing Mama Susi Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada