Sunday, March 8, 2009

PIZZA SINGKONG AYAM


Waktu chatting dengan Annisa siang tadi, aku ditanyain tentang cemilan lain dari singkong yang tidak digoreng. Apa, ya? Agak kepikiran, sih. Mo ngasih resep talam, kayaknya dah biasa. Tiwul? Wah bisa repot nanti. Bikin tiwul kan repot sekali. Lagian sekarang di daerah Wonosobo kita bisa cari tiwul instant. Pernah dengar? Tuh tiwul diekspor juga, lo! Hebat, kan? Tiwul kita telah mendunia!?
Aku jadi ingat, pernah iseng-iseng bakar lumatan singkong & dikasih toping. Karena kayak pizza, ya aku sebut aja pizza singkong. Sederhana banget sih bikinnya. Karena bukan koki, takarannya pake feeling, ya ....

Bahan kulit:
500 gram singkong, kukus dan haluskan selagi panas.
2 btr telur
100 gram mentega
Garam secukupnya
Campur semua bahan, sisihkan

Topping:
2 sdm minyak goreng.
250 gram ayam filet. rebus
Garam
Lada hitam
Semua bahan ditumis

Sediakan pula (bila ada)
Paprika
Keju (kalau bisa mozarella)

Saus:
Bawang putih
Bawang merah/bawang bombay
Saus tomat
Saus sambal
Lada hitam
Garam
Gula pasir
Oregano (bila ada). Aku ga pernah pake karena ga pernah sedia di rumah.
Semua bahan ditumis.

Cara membuat:
Adonan singkong lumat dibagi 10, kemudian tiap bagian dibentuk bulat pipih dengan tebal kira-kira 1 cm. Ratakan di loyang. Tusuk-tusuk tengahnya. Olesi saus yang kita buat tadi, kemudian topping ayam, lanjutkan dengan paprika dan keju mozarella. Oven sampai matang dan kering.

Gitu deh resep kompletnya. Kalo aku, sih, karena bukan koki & bikinnya juga Cuma buat suami ma anak-anak, kadang ga selengkap itu. Aku masak seadanya saja. Jadi kadang ada bahan yang diganti atau ga dipake. Kayak aku, sih, ga pake oregano. Males harus beli. Kejunya juga keju biasa. Memang hasilnya ga se sip mozarella. Paprika juga pernah ga aku pake. Padahal oregano, keju mozarella & paprika adalah ciri khas pizza.

Ga punya oven? santai aja lagi. Bakar pake panci teflon. memang, sih, hasilnya agak beda, tapi tetap yummy kok.

Semoga bermanfaat dan silahkan kembangkan sendiri kreasinya. Topping pizza kan bisa apa saja.
minumminumros

0 comments:

Post a Comment

Back to

 

Sharing Mama Susi Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada